CARA HIDUP SEHAT

MENERAPKAN HIDUP SEHAT
Tidak dapat dipungkiri lagi kesehatan menjadi hal yang tak ternilai dan tidak dapat dibeli dengan harga berapapun. Oleh karena itu, berusahalah untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan tips-tips berikut.
1. Aktiflah bergerak
Usahakan untuk aktif bergerak setiap hari, entah itu berjalan ke tempat kerja, membersihkan rumah, atau berolahraga secara rutin seperti jogging, senam, berenang, bersepeda, fitnes dan lain-lain. Aktif bergerak membuat metabolisme tubuh Anda lebih aktif sehingga membuat tubuh lebih sehat.
2. Konsumsi makanan sehat
Anda kan sudah tahu jika konsumsi makanan sehat bernutrisi seimbang dalam jumlah yang cukup mampu menjaga kesehatan optimal tubuh Anda. Lalu kenapa masih saja makan gorengan, makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, makanan yang terlalu manis, dan minuman bersoda? Bukankah lebih baik memilih lauk non digoreng, sayur-sayuran dan buah-buahan. Sekali Anda berprinsip diet yang sehat, Anda akan terbiasa dan enjoy menikmatinya.
3. Istirahat cukup
Istirahat cukup dengan tidur selama 7-8 jam per harinya menjadikan tubuh Anda lebih segar dan fit. Usahakan mempunyai jadwal tidur malam tidak lebih dari jam 10. Tidur pada jam yang rutin mampu mencegah gangguan sulit tidur atau insomnia.
4. Bakar lemak tubuh Anda
Lemak tubuh berlebih tentunya dapat memperburuk kesehatan sekaligus penampilan Anda. Lemak berlebih akan meningkatkan berbagai resiko penyakit aterosklerosis seperti stroke dan jantung. Pangkas lemak tubuh Anda mulai dari sekarang dengan bergaya hidup sehat dan berolahraga.
5. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol berlebih
Berhenti merokok memang susah, tetapi Anda akan lebih susah lagi jika tidak berhenti. Tetapkan niat Anda untuk berhenti merokok mulai dari sekarang juga. Untuk para peminum alkohol, sebaiknya memilih minum anggur dengan frekuensi sedang karena kalorinya lebih rendah daripada bir atau minuman beralkohol lainnya selain antioksidannya juga cukup tinggi.
6. Biasakan hidup bersih
Kenapa juga masih malas mandi atau sekedar mencuci muka setelah beraktivitas seharian? Tubuh yang bersih menghindarkan dari segala penyakit kulit selain tentunya membuat penampilan Anda lebih menarik.
7. Kurangi stress
Stress dapat memicu berbagai penyakit fisik maupun mental. Percuma saja Anda bekerja keras siang malam jika sampai menimbulkan stress. Kesehatan Anda jauh lebih berharga. Seimbangkan rutinitas Anda dengan kegiatan relaksasi seperti bersantai dan berlibur bersama keluarga atau teman. Merelaksasi diri dengan pemijatan, spa dan yoga juga cukup efektif untuk menghilangkan stress.
8. Lindungi diri dari polusi
Polusi udara termasuk salah satu media radikal bebas menyerang kekebalan tubuh. Jangan remehkan atau berbagai penyakit degeneratif menyerang Anda. Gunakan masker saat berkendara motor dan konsumsilah suplemen multivitamin, mineral atau antioksidan penangkal radikal bebas.
9. Lakukan peregangan
Lakukanlah peregangan untuk seluruh bagian tubuh di awal dan akhir hari Anda. Peregangan menambah kelenturan tubuh, melancarkan peredaran darah dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh, serta meluruskan tulang.
10. Atur rutinitas
Organize yourself. Rutinitas padat yang tidak teratur hanya akan membuat Anda kewalahan sehingga menurunkan stamina dan mental. Buatlah catatan atau jadwal yang terstruktur sehingga hidup Anda lebih teratur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: