DASAR DASAR PENGUKURAN DAN PENGENDALIAN PID Bagian 1

DASAR DASAR PENGUKURAN  DAN PENGENDALIAN PID Bagian 1
Instrumentasi adalah seni mengukur nilai beberapa parameter plant, tekanan, aliran, tingkat atau temperatur untuk beberapa nama dan memasok sinyal yang sebanding dengan parameter yang diukur. Sinyal keluaran standar sinyal dan kemudian dapat diproses oleh peralatan lainnya untuk memberikan indikasi, alarm atau kontrol otomatis. Ada sejumlah sinyal standar, namun mereka yang paling umum di sebuah pabrik CANDU 4-20 mA adalah sinyal elektronik dan 20-100 kPa sinyal pneumatik. Bagian ini tentu saja akan berurusan dengan peralatan instrumentasi biasa digunakan untuk mengukur dan memberikan sinyal. Kita akan melihat ukuran dari lima parameter: tekanan, aliran, level, suhu, dan neutron fluks.
PENGUKURAN TEKANAN 2,1
Modul ini akan membahas teori dan detektor tekanan operasi (Bourdon tube, diafragma, bellow, memaksa keseimbangan dan variabel kapasitansi). Ini juga mencakup variabel lingkungan operasi (tekanan, temperatur) dan cara-cara yang mungkin kegagalan.
2.1.1 General Theory
Tekanan mungkin salah satu yang paling umum variabel diukur dalam pembangkit listrik. Ini mencakup pengukuran tekanan uap; feed tekanan air, kondensor tekanan, tekanan minyak pelumas dan banyak lagi. Tekanan sebenarnya adalah pengukuran gaya yang bekerja pada permukaan bidang. Kita bisa mewakili ini sebagai: Satuan pengukuran yang baik dalam pound per square inch (PSI) di British unit atau pascal (Pa) dalam metrik. Sebagai salah satu PSI adalah sekitar 7.000 Pa, kita sering menggunakan kPa dan MPa sebagai unit tekanan.
2.1.2 Tekanan Scales
Sebelum kita masuk ke bagaimana tekanan dirasakan dan diukur, kita harus menetapkan seperangkat aturan dasar. Tekanan bervariasi tergantung pada ketinggian di atas permukaan laut, tekanan cuaca front dan kondisi lain. Ukuran tekanan Oleh karena itu, relatif dan tekanan pengukuran dinyatakan sebagai alat ukur baik atau absolut. Tekanan gauge adalah satuan yang kita jumpai dalam pekerjaan sehari-hari (misalnya, ban peringkat berada dalam tekanan gauge). Sebuah perangkat tekanan gauge akan menunjukkan tekanan nol ketika berdarah turun ke tekanan atmosfer (yaitu, tekanan gauge direferensikan tekanan atmosfer). Tekanan gauge dilambangkan oleh (g) pada akhir satuan tekanan [misalnya, kPa (g)]. Tekanan mutlak mencakup efek dari tekanan atmosfer dengan tekanan gauge. Hal ini dilambangkan oleh (a) pada akhir satuan tekanan [misalnya, kPa (a)]. Indikator tekanan mutlak akan menunjukkan tekanan atmosfer ketika benar-benar vented turun ke atmosfer – itu tidak menunjukkan skala nol. Tekanan absolut = Tekanan gauge + Tekanan atmosfer Gambar 1 menggambarkan hubungan antara mutlak dan gauge. Perhatikan bahwa titik dasar untuk mengukur skala [0 kPa (g)] atau tekanan atmosfer standar 101,3 kPa (a). Mayoritas pengukuran tekanan di pabrik adalah gauge. Mutlak pengukuran cenderung digunakan di mana di bawah tekanan atmosfir. Biasanya ini adalah sekitar vakum kondensor dan bangunan.
2.1.3 Pengukuran Tekanan
Objek tekanan penginderaan adalah untuk menghasilkan indikasi dial, pengendalian operasi atau standar (4 – 20 mA) sinyal elektronik yang menunjukkan tekanan dalam suatu proses. Untuk mencapai hal ini, kebanyakan sensor-sensor tekanan tekanan diterjemahkan ke dalam gerakan fisik yang sebanding dengan tekanan yang diberikan. Tekanan yang paling umum sensor atau tekanan utama elemen yang dijelaskan di bawah ini. Mereka termasuk diafragma, tekanan bellow, Bourdon kapsul tabung dan tekanan. Dengan sensor tekanan ini, gerakan fisik sebanding dengan tekanan yang diberikan dalam rentang operasi. Anda akan melihat bahwa tekanan diferensial istilah ini sering digunakan. Istilah ini mengacu pada perbedaan tekanan antara dua kuantitas, sistem atau perangkat

Common 2.1.4 Tekanan Detectors
Bourdon Tubes
Bourdon tabung yang berbentuk bulat lonjong tabung dengan penampang (lihat Gambar 2). Tekanan dari media bekerja pada bagian dalam tabung. Lahiriah tekanan pada penampang oval memaksanya untuk menjadi bulat. Karena kelengkungan tabung cincin, tabung Bourdon kemudian membungkuk seperti yang ditunjukkan dalam searah dengan tanda panah. Karena mereka kuat konstruksi, Bourdon sering digunakan dalam lingkungan yang keras dan tekanan tinggi, tetapi juga dapat digunakan untuk tekanan sangat rendah; waktu respons bagaimanapun, adalah lebih lambat dari bellow atau diafragma.
Bellow
Jenis bellow elemen dibuat dari tubular membran yang berbelit-belit di sekitar lingkar (lihat Gambar 3). Membran terpasang di salah satu ujung ke sumber dan pada ujung yang lain ke perangkat atau instrumen yang menunjukkan. Unsur bellow dapat memberikan jarak jauh gerak (stroke) di arah panah ketika masukan tekanan diberikan.
Diafragma
Sebuah diafragma berbentuk melingkar berbelit membran yang melekat pada tekanan bohlam sekitar keliling (lihat Gambar 4). Tekanan media di satu sisi dan indikasi media di sisi lain. Defleksi yang diciptakan oleh tekanan dalam pembuluh akan berada di arah panah yang ditunjukkan. Diafragma menyediakan kerjanya cepat dan akurat indikasi tekanan. Namun, gerakan atau stroke tidak sebesar bellow
Kapsul
Ada dua perangkat yang berbeda yang disebut kapsul. Yang pertama adalah ditunjukkan pada Gambar 5. Tekanan diberikan pada bagian dalam kapsul dan jika itu adalah tetap hanya pada saluran masuk udara dapat memperluas seperti balon. Pengaturan ini tidak jauh berbeda dari diafragma mengembang, kecuali bahwa kedua cara. Kapsul terdiri dari dua berbentuk lingkaran, berbelit-belit membran (biasanya stainless steel) disegel ketat di sekitar keliling. Tekanan bekerja pada bagian dalam kapsul dan gerakan stroke yang dihasilkan ditunjukkan oleh arah panah. Tipe kedua kapsul adalah seperti yang ditunjukkan dalam tekanan diferensial pemancar (DP pemancar) pada Gambar 7. Kapsul di dasar dibangun dengan dua diafragma membentuk kasus luar dan selang diisi dengan minyak kental. Tekanan diberikan pada kedua sisi diafragma dan akan membelokkan ke arah tekanan rendah. Untuk memberikan perlindungan bertekanan berlebihan, yang solid piring dengan diaphragmmatching convolutions biasanya dipasang di tengah kapsul. Minyak silikon kemudian digunakan untuk mengisi rongga antara diafragma tekanan bahkan untuk transmisi. Kebanyakan DP kapsul dapat menahan tekanan statis tinggi sampai 14 Mpa (2000 psi) pada kedua sisi dari kapsul tanpa efek merusak. Namun, rentang sensitif bagi sebagian besar kapsul DP sangat rendah. Biasanya, mereka peka hingga hanya beberapa ratus kPa tekanan diferensial. Tekanan diferensial yang secara signifikan lebih tinggi daripada kisaran kapsul kapsul dapat merusak secara permanen.
2.1.5 Differential Pressure Transmitters
Kebanyakan tekanan pemancar yang dibangun di sekitar konsep kapsul tekanan. Mereka biasanya mampu mengukur tekanan diferensial (yaitu, thedifference antara masukan tekanan tinggi dan tekanan rendah input) dan karena itu, biasanya disebut pemancar atau DP DP sel. Gambar 6 menggambarkan DP pemancar yang khas. Sebuah tekanan diferensial kapsul sudah terpasang di dalam perumahan. Satu ujung bar gaya tersambung
ke perakitan kapsul sehingga gerakan kapsul dapat ditularkan ke luar perumahan. Sebuah mekanisme penyegelan digunakan di mana gaya bar menembus perumahan dan juga bertindak sebagai titik poros gaya bar. Ketentuan ini dibuat dalam perumahan untuk cairan tekanan tinggi untuk diterapkan di satu sisi kapsul dan cairan tekanan rendah di sisi lain. Setiap perbedaan tekanan akan menyebabkan kapsul untuk menangkis dan menciptakan gaya gerak dalam bar. Ujung atas batang gaya kemudian menghubungkan ke posisi detektor, yang melalui sistem elektronik akan menghasilkan 4-20 mA sinyal yang sebanding dengan bar kekuatan gerakan.

3 Tanggapan

  1. salam kenal….
    nais share gan…
    terima kasih!!!

  2. makasih atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: