Proses Control Terminology

Proses Control Terminology

Setelah sekian lama belum posting artikel2 baru, dikarenakan kesibukan TA dan kerja, maka untuk itu, saya kembali lagi untuk ingin berbagi wacana dan pengetahuan tentang Basic Engineering.

Dimana kali ini akan dibahas tentang proses Control Terminology. Proses control terminolgy ini meliputi Accessories, Actuator, Backlash, Capacity, Closed Loop Control Systems,  Open Loop Control Systems, Controller, Dead Time, Jenis Process Variable, Process Instrument, Measurement, Control, Manipulation.

yang pertama yaitu Accessories yang merupakan Alat yang terpasang pada actuator untuk melengkapi fungsi dan kerja dari actuator  sehingga menjadi unit kerja yang utuh. Contoh : positioner , regulator, solenoid, dan limit switch.

Kemudian Actuator merupakan Alat untuk membuka atau menutup control valve dimana sumber penggeraknya dapat      berupa  : Pneumatic, Hydraulic, atau secara Elektris

Backlash merupakan Nama umum yang diberikan untuk membentuk dead band yang dihasilkan dari discontinuity  sementara  antara input dan output dari sebuah device, contoh  bilamana input dari device mengalami perubahan arah. Slack atau mengalami  renggang atau terlepas dari  sambungan secara mekanis.

Capacity atau valve merupakan Rate dari suatu aliran (Flow) yang melalui Valve dimana telah ditentukan besarannya.

Closed Loop Control Systems, untuk yang ini mesti nya para mahasiswa teknik instrumentasi sudah tahu yaitu Sistem kontrol dimana informasi mengenai process variable secara kontinyu memberikan feed back (umpan balik)  ke controller untuk memberikan masukan, guna mengkoreksi process variable secara otomatis  (untuk gambar closed loop control system ini dapat anda dapat kan di google. hehehehe).

Open Loop Control Systems merupakan sistem kontrol dimana outputnya tidak mempunyai pengaruh terhadap komponen controller (untuk gambar closed loop control system ini dapat anda dapat kan di google. hehehehe).

Controller merupakan : Alat yang beroperasi secara otomatis dengan menggunakan algorithm  untuk mengontrol variabel kontrol. Dimana controler input menerima masukan dari status  process variabel dan selanjutnya akan memberikan output signal yang sesuai ke final control element

Dead Time merupakan Interval waktu, time delay  atau respon dari sebuah systems . contoh : Delay pada action controller, delay pada actuator operation.dll. Dimana input x(t) dan  output adalah y(t)      Y(t) = x(t – T)  dimana T adalah dead time

Jenis Process Variable yaitu terdapat bermacam2 diantara nya :

Pressure                                 Level                           Conductivity                  Flow

Temperature                            Mass                           Mass                            Specific Gravity

Density                                   Consistency                 Speed                           Force

Load                                       Torque

Process Instrument yaitu Alat yang digunakan baik secara langsung maupun tidak untuk  menampilkan satu atau lebih dari tiga fungsi dibawah yaitu :

Measurement : Pengukuran  dari sebuah variable

Control : Menghasilkan process variable yang dipertahankan pada  nilai yang telah ditentukan, dalam limit yang telah ditetapkan.

Manipulation : Memerintahkan Final Control Element agar secara langsung merubah Process Variable yang berfungsi untuk mengontrol dari Process Variable lainnya

 

Cukup sekian dulu artikel yang dapat saya tulis tentang Proses Control Terminology yang terdapat pada ilmu BASIC ENGINEERING. Masih banyak lagi artikel tentang BASIC ENGINEERING ini. Dan pasti saya usahakan untuk membaginya kepada saudara2 ku ini. Ditunggu aja artikel selanjutnya. Dan cukup sekian and

SALAM PERSAUDARAAN

 

 


Satu Tanggapan

  1. termakasih infonya, sangat bermanfaat ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: